Program studi ilmu komunikasi sekarang ini banyak dibanjiri peminat. Lulusan SMU yang akan masuk ke Perguruan Tinggi (PT) sekarang banyak memilih Ilmu Komunikasi sebagai jalan menuju masa depan. Bagaimana tidak, sekarang ini pada jaman atau era globalisasi ini banyak sekali lapangan pekerjaan yang ditawarkan kepada lulusan program studi ini. Antara lain:
Periklanan
· Manajer periklanan
· Tenaga profesional di bidang promosi dan copywriter
· Associate graphic designer
· Advertising dan promotion
· Biro iklan
· Visualizer
· Copywriter
· Dosen dan peneliti yang berkaitan dengan periklanan
Public Relations
· Master Ceremony
· Advertising and promotion
· Customer service Communication executive
· Dosen, perencana dan pengelola maupun peneliti di bidang kehumasan
· Humas dan Corporate Relation perusahaan nasional dan multinasional
· Humas lembaga pemerintah
Jurnalistik
· Wartawan/jurnalis, reporter surat kabar, televisi, radio dan media komunikasi lainnya
· Pengelola media, wiraswasta bidang komunikasi dan informasi
· Redaktur, Editor media massa
· Lay out media, media planner
· Presenter
· Creative media
· Web content write
· Production house (rumah produksi)
· Dosen dan peneliti masalah yang berkaitan dengan komunikasi jurnalistik
· Pengamat media
Banyaknya lapangan pekerjaan ini merupakan suatu kesempatan bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk dapat bekerja di masa depan, bukan menjadi pengangguran yang sudah banyak di Indonesia ini.
Untuk itu sebagai Mahasiswa Ilmu Komunikasi kita harus berkompeten dalam bidang yang kita inginkan. Artinya kita harus mengetahui lapangan pekerjaan apa yang kita inginkan kelak. Setelah menentukan pilihan kita harus menekuni dan mempelajari bidang yang kita pilih. Dengan cara mencari tahu semua hal yang berhubungan dengan lapangan pekerjaan yang kita pilih. Tentu semua itu tidak mudah karenja mengorbankan waktu, pikiran, tenaga, dan tentu saja biaya. Tapi jika kita melihat prospek untuk pekerjaan kedepan sangat cerah tentu semua itu Insya Allah akan terbayar lunas tuntas di masa mendatang.
source: http://fefafian.wordpress.com
No comments:
Post a Comment